Membuat Jadwal Hidup Mati Koneksi Internet di Mikrotik

Selamat datang di PartaZone. Berikut saya akan membagikan tips dari Membuat Jadwal Hidup Mati Koneksi Internet di Mikrotik. Semoga bermanfaat untuk Anda. Jika ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan berkomentar. Dan jika Anda menyukai artikel ini, silahkan klik tombol share di bawah. Terima kasih..! ;)


Ini merupakan postingan pertama saya tentang mikrotik, selanjutkan akan saya terus update tentang berbagai tips setting mikrotik.

Ok ya kali ini saya akan memberikan tips cara setting hidup matinya koneksi sesuai dengan waktu atau jadwal yang sudah kita tentukan. Misalnya kita ingin internet di salah satu komputer atau semua komputer mati di jam 09.00 - 13.00 maka kita bisa melakukan itu dengan setting di mikrotik.

Berikut langkah-langkah mengatur jadwal hidup matinya internet di dengan mikrotik.

1. Pertama-tama buka winbox untuk mengakases mikrotik kalian
2. Setelah terbuka masuk ke menu IP > Firewall dan klik tanda plus + untuk menambahkan firewall baru


 3. Setelah muncul form New Firewal rule maka isikan data di di tab general di bagian chain pilih forward, di search ketikkan ip addres yang mau di blok semisal kalian hanya ingin memblock 1 komputer maka kalian bisa mengetikan ip komputer tersebut semisal ipnya 192.168.1.10 dan jika kalian ingin memblok smua komputer dengan segmen ip yang sama kalian bisa mengetikkan 192.168.1.0/24 (semua ip dengan segmen ini 192.168.1.x akan kena rule firewall). Dan di bagian protocol pilih 6(tcp) . Lebih jelas seperti gambar di bawah ini

3. Selanjutnya masuk ke tab Extra nah disini kita akan setting jadwal jam firewall ini akan dijalankan misal sepeti gambar saya akan mematikan koneksi internet di jam 09.00 - 10.30 maka akan saya isi dibagian time sesuai dengan jam tersebut seperti gambar di bawah ini

4. Selanjutnya masuk ke tab Action kemudian pilih drop di bagian action ini untuk mendrop semua koneksi yang akan keluar. Seperti gambar berikut
Selanjutnya Klik tombol Apply dan Ok untuk menyimpan Firewall yang sudah kita buat.
Dan lihat hasilnya maka komputer yang terisi dengan ip yang sudah kita setting sebelumnya tidak akan bisa menggunakan internet sesuai dengan jadwal jam yang kita isi di bagian time tersebut.

Tapi ingat sebelumnya atur dulu jam di mikrotik kalain samakan dengan jam dikomputer kalian agar lebih mudah setting jadwalnya biar pas. Untuk setting jam akan saya berikan di tutorial selanjutnya.

Nah Demikian cara mengatur jadwal hidup mati internet denga mikrotik, semoga posting ini bermanfaat buat kalian yang membutuhkan.

Terima kasih sudah berkunjung.

0 Response to "Membuat Jadwal Hidup Mati Koneksi Internet di Mikrotik"

Posting Komentar