Menggali Lebih Dalam Fungsi Filter Di Excel

Selamat datang di PartaZone. Berikut saya akan membagikan tips dari Menggali Lebih Dalam Fungsi Filter Di Excel. Semoga bermanfaat untuk Anda. Jika ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan berkomentar. Dan jika Anda menyukai artikel ini, silahkan klik tombol share di bawah. Terima kasih..! ;)


Filter merupakan sebuah fungsi di excel yang berfungsi untuk mempermudah pengguna untuk memilah isi dari column yang ingin di filter. Dengan adanya fungsi ini memilah isi column jadi sangat mudah. Nah kali ini saya akan membahas detil dari fungsi filter di excel jadi kalau kalian selama ini sering menggunakan filter tapi masih belum begitu paham mengenai detil menu apa aja yang bisa digunakan di filter tersebut.

Sebelumnya saya tunjunkan terlebih dahulu gimana cara mengaktifkan filter
Misalnya kalian sudah membuat sebuat table yang terdiri banyak column dan isinya juga banyak kalian tinggal memblock table tersebut dan untuk memfilternya tinggal pilih di menu Data selanjutnya klik filter terlihat seperti gambar di bawah ini

nah jika aktif fungsi filter maka akan ada tanda segitiga di masing-masing judul column, selanjutnya dari filter tersebut kita bisa mengolah lebih lanjut table yang ingin kita buat. Biasanya filter ini dibutuhkan saat seseorang ingin melihat report dari syarat tertentu.. haha bingun kan.. haha

Maksud saya begini misal dari contoh table di atas misal saya hanya ingin melihat trx dari customer dengan IDCust C001 maka saya cukup memfilter dengan kondisi yang terpilih hanya C001
Langkahnya : klik tanda segitiga di judul column IDCust dan hilangkan semua centreng kecuali C001 dan setelah klik ok maka yang tampil hanya trx dengan IDCust C001 terlihat seperti gambar di bawah

Selain filter dengan cara diatas ada juga filter dengan menggunakan text filter, dengan ini kita lebih leluasa untuk memfilter misalnya ingin memunculkan di column IDtrx yang ada angka 1 saja, sehingga saat saya proses hanya baris yang mengandung angka 1 saja yang muncul berikut caranya
Klik tanda panah diculumn IDTrx dan arahkan ke text filter di sana ada contain pilih itu dan isi angka 1 dan seteleah di ok maka akan terfilter ID Trx yang mengandung angka 1 yang akan muncul seperti gambar dibawah ini
Masih banyak lagi fungsi filter yang lain misal di colum jumlah kita bisa memfilter dengan ukuran misal lebih besar dari 1000 atau lebih kecil dari 20000 kita bisa melakukannya dengan fungsi filter tersebut


Demikian pembahasaan saya mengenai fungsi filter di excel, mudah-mudahan posting saya ini berguna buat kalian semua


Terima kasih


0 Response to "Menggali Lebih Dalam Fungsi Filter Di Excel"

Posting Komentar