Membuat Rumus Vlookup Di Excel 2007

Selamat datang di PartaZone. Berikut saya akan membagikan tips dari Membuat Rumus Vlookup Di Excel 2007. Semoga bermanfaat untuk Anda. Jika ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan berkomentar. Dan jika Anda menyukai artikel ini, silahkan klik tombol share di bawah. Terima kasih..! ;)

Vlookup merupakan suatu fungsi di excel di mana vlookup merupakan rumus excel dimana data akan diambil dari table array/tabel refrensi berdasarkan primary key tertentu di tabel utama. Kalau yang sudah biasa dengan query sql hal ini sama dengan mencari nilai tertentu berdasarkan primary key yang ada di tabel primary di bandingkan dengan tabel lain dengan primary yang sama, mirip dengan rumus where di sql query.

Biar kalian lebih paham akan saya berikan contoh kasus yang akan diselesaikan dengan rumus vlookup.
Misal ada suatu table transaksi dimana di sana hanya muncul idcust tanpa nama dari custumer tersebut jadi untuk memunculkan nama custumernya bisa saja dengan cara manual melihat satu-satu id custumer terus dibandingkan dengan tabel custumer tapi bagaimana kalau transaksinya berjumlah ribuan dengan dengan id custumer yang berbeda masing-masing transaksi, kalau dilakukan secara manual maka akan membtuhkan waktu yang lama untuk menyelsaikannya

Jadi dari contoh kasus di atas semua itu bisa diselesaikan dengan menggunakan rumus vlookup di excel. Dengan rumus ini maka nama customer akan ditampilkan secara otomatis. Baik berikut contoh tabel yang akan saya gunakan terlihat sperti gambar berikut

Untuk nilainya saya asal saja tidak perlu diperhatikan. Dari table trx diatas saya menambahkan colum NamaCust yang ingin diisi nama dari custumer dengan IDCust yang sudah ada.

Jadi dari tampilan tersebut saya akan menggunakan rumus vlookup yang Nama Custumernya akan diambil dari tabel custumer seperti gambar di bawah ini

Berikut rumus vlookupnya

=vlookup(lookup_value, table_array, col_index, col_index_num, [range_lookup])

vlookup : rumus vlookupnya sendiri
lookup_value : primary key atau kunci yang akan menghubungkan table utama/table trx dengan table kedua/table custumer
table_array : table kedua yaitu table custumer
col_index_num : colom ke yang akan di munculkan dalam hal ini yaitu colom ke 2 di table custumer
range_lookup : yaitu bernilai true atau false

rumus vlookupnya menjadi
=VLOOKUP(C2,Sheet2!$B$2:$C$101,2,0)
kalau diterjemahkan menjadi vlookup c2 di sheet2(column B2 s/d C101) DAN munculkan colum ke dua jika nilainya benar (0)

jika rumus itu diproses maka akan menghasilkan nama custumer sesuai dengan idcustmer yang ada di table trx
akan terlihat seperti gambar di bawah ini


Nah di sana terlihat nama custumer, jadi kita tidak perlu menginput nama custumer secara manual
kalau masih bingun akan saya lihatkan dengan video yang sederhana




0 Response to "Membuat Rumus Vlookup Di Excel 2007"

Posting Komentar