Mengenal Bagian-Bagian Properties dari TextBox di Vb.net

Selamat datang di PartaZone. Berikut saya akan membagikan tips dari Mengenal Bagian-Bagian Properties dari TextBox di Vb.net. Semoga bermanfaat untuk Anda. Jika ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan berkomentar. Dan jika Anda menyukai artikel ini, silahkan klik tombol share di bawah. Terima kasih..! ;)


TextBox pada vb.net merupakan salah satu control di windows form yang berbentuk segi empat yang dapat diinputkan masukan berupa text yang pada umunya terdiri dari satu baris namun bisa juga banyak baris bila disetting multi line pada bagian propertiesnya.

TextBox merupakan salah satu control umum yang hampir setiap pembuatan windows form menggunakan control ini.

Pada postingan ini saya akan membahas fungsi dari Bagian-bagian properties dari control textbox ini di vb.net. Diharapkan dengan ini kalian bisa lebih memaksimalkan penggunaan dari control textbox ini di vb.net.

Bila dikelompokkan maka propeties textbox dibagi menjadi 7 group yaitu : Accesibility, Appearance, Behavior, Data, Design, Focus, Layout, Misc, Windows Style. Saya tidak akan menjelaskan semua bagian pada propeties dari textbox ini saya akan menjelaskan bagian properties yang sering digunakan pada umunya.

- BackColor : bagian ini berfungsi untuk mengatur warna latar belakang dari textbox secara default berwarna window atau putih . Kalian bisa menggantinya sesuai selera dan kecocokan dengan design dari form yang kalian bikin dan fungsi dari textbox tersebut.

- BorderStyle : bagian ini berfungsi untuk mengatur border atau garis tepi dari textbox secara dafault fixe3D disana ada 3 pilihan yaitu none, fixedsingle, fixed3d kalian bisa mencoba untuk melihat perbedaanya.

 - Cursor : bagian ini untuk mengatur tampilan cursor yang kalian inginkan pada saat cursor diarahkan ketextbox pada saat dirunning.

- Font : sesuai namanya bagian ini untuk mengatur pilihan font, size, dan efek-efek dari font misal Bold, Italic dan lain-lain

- ForeColor : bagian ini untuk mengatur warna dari text yang diinputkan ke dalam textbox secara default akan berwarna windowtext atau hitam.

- Text : Untuk menginputkan text ke dalam textbox

- TextAlign : untuk mengatur perataan dari text

- Enabled : untuk mengatur apakah textbox itu bisa diklik atau tidak

- MaxLength : bagian ini untuk mengatur panjang caracter yang bisa diinput ke dalam text box.
Bagian ini sangat penting jika kalian ingin membatasi jumlah caracter yang bisa dimasukkan sesuai dengan kebutuhan kalian.

- Multiline : pada bagian ini kalian bisa mengatur textbox yang secara defult hanya terdiri dari satu baris namun jika kalian set nilainya menjadi true maka textbox akan menjadi banyak baris.

- Password : pada bagian ini kalian bisa mengganti caracter yang kalian input menjadi tanda tertentu misal tanda * yang sering dipakai untuk menyembunyikan inputing text password atau tanda # sesuai kebutuhan kalian.

-ReadOnly : pada bagian untuk mengatur apakan textbox itu bisa dirubah atau tidak pada mode text enabled nilainya true. Jika kalian set readonly nilainya menjadi true maka text pada textbox tidak bisa kalian ubah meskipun bisa kalain klik atau block.

- TabIndex : pada bagian ini untuk mengatur urutan textbox tersebut pada saat penggunaan tombol tab pada keyboard.

- Visible : bagian ini untuk mengatur textbox tersebut ditampilkan atau tidak pada saat proram di running.

- Name : bagian ini untuk mengubah nama textbox sesuai kebutuhan biar mudah diingat dalam penulisan coding.

Demikian properties dari textbox yang sering dimaanfaatkan dalam pembuatan windows form di vb.net. Semoga info ini berguna buat programer pemula yang baru belajar menggunakan vb.net



0 Response to "Mengenal Bagian-Bagian Properties dari TextBox di Vb.net"

Posting Komentar