Memindahkan Data Tanpa Kabel Data atau Bluetooth di Android

Selamat datang di PartaZone. Berikut saya akan membagikan tips dari Memindahkan Data Tanpa Kabel Data atau Bluetooth di Android. Semoga bermanfaat untuk Anda. Jika ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan berkomentar. Dan jika Anda menyukai artikel ini, silahkan klik tombol share di bawah. Terima kasih..! ;)


Berbagi file atau transfer file dari android ke laptop  atau dari laptop ke android merupakan hal yang biasa dilakukan oleh pengguna android saat ini. Dan hampir semua handphone android sudah dilengkapi sarana itu misal colokan usb dan juga bluetooth. Dengan cara ini berbagi file akan sangat gampang dilakukan antar gadget baik dari android ke laptop, laptop ke android dan bahkan sesama android bisa saling berkirim data.

Namun adakalanya seseorang tidak bisa melakukan semua cara berbagi file diatas disebabkan karena sarana pendukung tidak ada semisal tidak ada kabel data atau blutooth rusak atau laptop tidak ada/isi bluetooth. Nah lalu bagaimana cara berbagi file dilakukan jika semua itu tidak ada? Apakah dengan internet lewat email? bisa juga tapi bagaimana jika file yang akan dibagi ukurannya besar atau koneksi internet tidak ada kan tidak bisa kalau semua tidak mendukung.

Nah dari permasalahan di atas saya akan memberikan satu tips berbagi file ke android dengan laptop atau sesama android. Dengan cara yang akan saya jelaskan ini kita bisa berbagi file tanpa harus dengan kabel data, blutooth ataupun lewat internet. Berikut saya akan menjelaskan cara berbagi file tanpa kabel data ataupun bluetooth. Jadi terus baca tutorial ini sampai akhir ya.

Pertama-tama kalian harus menginstal aplikasi AirDroid di handphone kalian, kalian bisa mendownload aplikasi ini di playstore. Aplikasi AirDroid ini free jadi kalian tidak perlu kwatir menggunaknnya. Ini link download AirDroid lewat Playstore
Download Aplikasi AirDroid Di Playstore

Dengan bantuan aplikasi AirDroid tersebut kita bisa berbagi file sangat gampang. Aplikasi Airdroid ini merupakan aplikasi berbagi file dengan memaanfaatkan fasilitas hostspot yang ada dihandphone. Jadi semua yang terkoneksi ke hostspot dihandphone akan bisa mengakases file yang ada di android baik download file ataupun upload file.

Kalau kalian sudah menginstall aplikasi tesebut ini langkah selanjutnya

1. Aktifkan hostspot di android kalian kemudian koneksikan laptop atau handphone lain yang ingin diajak berbagi file
2. Selanjutnya buka aplikasi yang telah diinstall di android sumber hostspot, setelah terbuka akan ada tampilan seperti berikut
Di gambar diatas terlihat sebuah alamat url berupa ip adress yang bisa diakases di laptop/android yang terkoneksi ke hostspot.

3. Kemudian buka browser di laptop/android dan ketikkan alamat url tersebut, misal sesuai gambar maka alamt urlnya adalah : http://192.168.43.1:8888 setelah kalian membuka akan ada notifikasi ke handphone sumber hostspot ijinkna saja pada saat notif itu muncul.

4. Berikut contoh tampilan yang saya akses melalui laptop dengan browser

Terlihat tampilan mirip tab android dengan icon yang sama persis dengan adroid di yang saya lingkari merupakan tempat untuk upload file dari laptop ke android, caranya dengan menggeser file ke kota kecil tersebut maka akan ada proses upload dan setelah saya coba uploadnya sangat cepat seperti berbagi file lewat bluetooth.

Dan berikut juga saya tampilakan cara untuk download atau ambil file dari android ke laptop

untuk memunculkan menu ini kalian tinggal kli iocn file di tampilan awal maka akan muncul file explorer dari handphone android kita sama persis waktu akses lewat file manager di android. Nah untuk download maupun upload bisa dilakukan cara ini kalian bisa mencari dimana kalian menyimpan file di android kalian setelah ketemu klik aja file tersebut dan tekan tombol download maka file akan di download ke laptop kalian. Demikian juga kalau ingin upload atau memindahkan file dari laptop ke android bisa dengan menekan tombol upload dan cari dimana posisi file di laptop kalian maka file akan terupload ke android kalian.

Bagaimana sangat simple dan jelas kan bagaimana cara memindahkan file dari laptop ke adroid ataupun dari android ke laptop. Jadi kalian tidak perlu bingung jika lupa membawa kabel data ataupun bluetooth tidak berfungsi. dengan cara diatas semua bisa sharing data jadi sangat simple dan mudah.

Demikian cara berbagi data tanpa harus menggunakan kabel data ataupun bluetooth di android. Semoga tips ini berguna bagi kita semua.
Kalau tips ini berguna mohon di share ke temannya yang lain ya dan tinggalkan komentar di bawah ini. Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya ini.

4 Responses to "Memindahkan Data Tanpa Kabel Data atau Bluetooth di Android"

  1. Tks gan untuk tipsnya.. ternyata bisa ya memindahkan data tanpa harus menggunakan bluetooth atau kabel data..

    BalasHapus
  2. terima kasih gan, info ini sangat bermanfaat buat saya, terus posting ya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama gan, terima kasih ya sudah mampir ke blog saya

      Hapus