Cara Cepat Mengecek Ip Komputer/Laptop

Selamat datang di PartaZone. Berikut saya akan membagikan tips dari Cara Cepat Mengecek Ip Komputer/Laptop. Semoga bermanfaat untuk Anda. Jika ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan berkomentar. Dan jika Anda menyukai artikel ini, silahkan klik tombol share di bawah. Terima kasih..! ;)


Seperti halnya rumah yang memiliki alamat, ternyata komputer juga memiliki alamat sendiri dalam satu jaringan yang disebut dengan IP Address. IP Address merupakan deretan angka baik 32 bit maupun 128 bit yang digunakan sebagai alamat suatu komputer dalam suatu jaringan. Jadi setiap satu komputer memiliki sebuah IP Address yang unik.

Cara Mengetahui IP Komputer

Sebagai seorang IT untuk mengetahui ip komputer merupakan suatu pekerjaan yang mudah dalam hitungan detik anda sudah bisa mengetahui ip address sebuah komputer. Namun untuk pengguna awam untuk mengetahui ip komputer merupakan pekerjaan yang sulit dan tidak semua orang bisa mengetahuinya.

Berikut saya akan memberikan cara mengetahui ip sebuah komputer dengan 2 cara

Cara Pertama Melalui Command Prompt (CMD)

Cara ini merupakan cara yang paling sering digunakan oleh seorang IT untuk mengetahui ip sebuah komputer. Karena dengan menggunakan cmd mengetahui ip komputer akan sangat cepat tidak sampai hitungan 1 menit.

Berikut langkah-langkah mengetahui ip komputer melalui cmd :
1. Buka cmd : Tekan logo Windows + tombol R dikeyboard komputer kalian makan akan muncul jendela Run seperti gambar di bawah ini. Selanjutnya ketikkan cmd dan tekan tombol ok/enter



Maka akan muncul jendela Cmd yang kebanyakan berwarna hitam
2. Ketikkan ipconfig pada cmd dan tekan tombol enter di keboard kalian. Jika penulisannya sudah benar maka akan muncul informasi ip komputer kalian seperti gambar di bawah ini
3. Dari gambar diatas kita dapatkan informasi ip komputer yaitu 10.10.10.9 (kemungkinan format ip berbeda-beda dimasing kpmputer dan pada umumnya berformat 192.168.1.xx)

Demikian cara mengecek ip komputer melalui command prompt (cmd)


Cara Kedua Melalui Control Panel
Melalui control panel caranya sedikit lebih lama dibandingkan melalui command promt namun tidak ada salahnya mengetahui juga dengan cara ini.

1. Buka Control panel : Klik tombol start dan klik menu Control Panel maka akan muncul jendela control panel seperti gambar berikut
2. Selanjutnya klik tulisan view network status and task maka akan muncul jendela network and sharing center seperti gambar berikut ini
3. Selanjutnya klik pada tulisan Ethernet maka akan muncul jendela ethernet status kemudian klik tombol detil seperti gambar di bawah ini
4. Maka akan muncul jendela Network Connection Details seperti gambar di bawah ini yang berisi informasi detil Ip Address komputer kalian.
Pada gambar tersebut terlihat bahwa ip komputernya adalah 10.10.10.9

Nah Demikian dua cara cepat mengetahui ip komputer kalian yaitu dengan command promt dan melalui control panel. Untuk cara yang lebih cepat adalah dengan melalui command prompt karena dengan cara tersebut akan sangat cepat mengetahui ip komputer kalian.

Terima Kasih

0 Response to "Cara Cepat Mengecek Ip Komputer/Laptop"

Posting Komentar