Storage Google (Gmail,Google Drive, Google Photo Penuh)? Ini Cara Mengatasinya

Selamat datang di PartaZone. Berikut saya akan membagikan tips dari Storage Google (Gmail,Google Drive, Google Photo Penuh)? Ini Cara Mengatasinya. Semoga bermanfaat untuk Anda. Jika ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan berkomentar. Dan jika Anda menyukai artikel ini, silahkan klik tombol share di bawah. Terima kasih..! ;)

google drive penuh

Google Drive merupakan salah satu layanan google untuk menyimpan file atau dokument yang gratis ataupun berbayar tergantung kapasitas penyimpanan. Untuk vesi free diberikan kapasitas penyimpanan sebesar 15Gb. Dengan Google Drive ini kamu bisa membackup file atau dokument secara online.

Penyimpanan google merupakan gabungan dari penyimpanan google drive, google photo, email gmail. Jadi dari storage yang diberikan gratis sebesar 15 Gb digunakan oleh ke 3 layanan tersebut. Dengan storage yang diberikan secara free itu kamu bisa membackup file atau document dari komputer maupun dari smartphone secara otomatis maupun manual.

Cara Backup File ke Google Drive

Untuk membakcup file secara otomatis di pc kamu harus memasang google drive plugin di pc. Kamu bisa mendownload melalu situs resmi nya https://www.google.com/drive/download/ setelah didownload kamu bisa menginstall dan selanjutnya login dengan akun gmailmu dan kemudian memilih folder lokal yang ingin kamu backup secara otomatis.


Untuk di smartphone sytemnya hampir sama di smartphone android kamu tinggal login akun gmailmu ke smartphone dan mengaktifkan fungsi backup baik photo maupun file yang ingin kamu backup.

Storage Google (Photo, Drive, Gmail) Penuh

Terkadang karena jumlah photo, dokumen ataupun email yang terlalu banyak seiring waktu maka berakibat storage google (photo, drive , gmail) akan menjadi penuh dan kamu tidak bisa lagi menyimpan file ke google drive maupun yang lain. Dan ketika sesorang mengirim email ke alamat gmailmu maka email tersebut tidak akan terkirim ke alamt emailmu karena pemakaian storage google sudah mencapai limit.

Namun ada cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi storage google drive, photo maupun gmail yang penuh dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Management Storage Google Drive

Sebelum kita melangkah cara mengatur storage google drive sebelumnya saya akan membahas apa saja yang tersimpan di google drive.

Dokument atau file hasil dari backup dari pc maupun smartphone
Pada bagian ini merupakan file memang asli filemu yang dibackup secara online baik dari pc maupun dari smartphone

Photo dari Blogger
Jika kamu seorang yang berkecimpung di dunia blogger dan memilik blogger maka jika kamu mengisi postinganmu dengan gambar yang kamu upload sendiri maka akan tersimpan juga di google drive.

File atau Film yang kamu download dari Google Drive
Pada saat kamu mendownload file atau film yang pemilik file atau filmnya disimpan di google drive maka pada saat download ada semacam persetujuan ke akun gmailmu kurang lebih berisi persetujuan situs tersebut untuk mengelola google drivemu. Nah dari proses tersebut tahukan kamu kalau file atau film yang kamu download itu ternyata tersimpan juga di akun google drivemu dan menggunakan storage google juga. Dan jika kamu sering mendownload dari google drive maka ukuran dari file ini lumayan besar menggunakan storage google.

Nah untuk mengatur storage google drive tersebut kamu bisa menghapus file-file yang tidak kamu butuhkan. Untuk menghapusnya kamu harus login ke akun google drivemu. Login di pc lebih bagus karena kamu bisa dengan leluasa untuk melihat file-file tersebut dibandingkan melalui smartphone.

Management Google Photo

Dengan google photo kamu bisa membackup photo atau video ke penyimpanan online dari google. Ada dua pilihan dalam proses backup ke google photo yaitu 
google drive penuh

- Original : photo akan dibackup sesuai ukuran asli tanpa dicompress lagi
- High Quality (free Unlimited Storage) : Photo akan dibackup tetapi dicompress terlebih dulu namun masih dengan qualitas yang masih bagus. 

Secara default  google photo akan menyimpan photomu dengan ukuran asli jika kamu tidak pernah mengaturnya. Nah dengan ukuran asli ini jika photo yang kamu backup sudah banyak maka akan memakan storage yang lumayan banyak.

Jika kamu sudah terlanjur memilih pilihan Original dalam membackup photo ke google photo kamu masih bisa untuk mengcompress photo yang sudah dibackup dengan merubah pilihan backup photo ke High quality dengan memilih ini maka semua photo yang sudah tersimpan ke google photo akan dicompress. Dengan dicompressnya photo di google photo maka storage google yang sudah penuh akan kembali menyisakan banyak ruang penyimpanan. Dengan memilih settingan ini maka storage google photomu akan menjadi unlimited. Jadi beberapapun photo yang kamu backup ke google photo akan tidak mengurangi storage google.

Untuk mengatur ke High Quality kamu bisa membuka akun google photo selanjutnya klik dipilihan menu garis tiga dan selanjutnya klik setting, maka akan muncul pengaturan pilihan backup google photo.


Management Gmail

Untuk storage gmail tidak ada banyak hal yang bisa kamu lakukan, karena satu buah email biasanya tidak begitu berukuran besar. Hal yang bisa kamu lakukan adalah menghapus email yang tidak kamu lagi butuhkan yang memiliki ukuran cukup besar terutama email yang berisi lampiran dengan file yang besar baik di inbox maupun di folder sent items.

Demikian cara mengatasi Google storage (Photo, Drive atau Gmail) yang sudah penuh menjadi memiliki banyak ruang kosong kembali. Semoga postingan ini berguna buat kalian yang sedang bermasalah dengan storage google terutama google photo.

Terima kasih sudah berkujung. Tinggalkan komentar jika ada pertanyaan.



0 Response to "Storage Google (Gmail,Google Drive, Google Photo Penuh)? Ini Cara Mengatasinya"

Posting Komentar