Simple Queue - Cara Cepat Limit Bandwith Internet di Mikrotik

Selamat datang di PartaZone. Berikut saya akan membagikan tips dari Simple Queue - Cara Cepat Limit Bandwith Internet di Mikrotik. Semoga bermanfaat untuk Anda. Jika ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan berkomentar. Dan jika Anda menyukai artikel ini, silahkan klik tombol share di bawah. Terima kasih..! ;)



Sebagai seorang administrator jaringan terkadang user yang nakal membuat kita kelabakan apalagi dengan kecepatan internet yang terbatas. Jika salah satu user menggunakan internet untuk download file yang besar maka akan membebani jaringan dan alhasil user lain pasti bakal mengeluh dan yang pusing adalan anak it... :D

Berikut saya akan memberikan tutorial cara limit koneksi internet di mikrotik dengan cepat. Setelah kita menerima laporan bahwa koneksi lambat maka sebagai seorang IT maka akan mengecek koneksi internet di mikrotik apakah ada gangguan atau ada user yang menggunakan koneksi besar. Jika ternyata ditemukan ada yang menggunakan koneksi besar maka langkah cepat dengan membatasi/limit speed download maupun upload user tersebut.

Cara Membuat Simple Queque di Mikrotik

Sebelum membuat simple queque terlabih dahulu kita harus mengetahui ip komputer yang menggunakan koneksi besar, kalian bisa men torch salah satu interface atau port di mikrotik yang menggunakan koneksi besar disana bakal ditemukan user yang menggunakan koneksi besar dan bakal terlihat ip komputernya.

Setelah mengetahuinya langkah cepat adalah dengan membuat simple queque di mikrotik caranya.

1. Buka menu Queque di mikrotik seperti gambar berikut ini
2. Maka akan muncul jendela queque list, di sini akan terlihat list queque yang sudah kita buat di mikrotik. Untuk menambahkan queque baru tinggal klik tanda plus di bagian atas maka akan muncul jendela baru new simple queque
3. Setelah muncul jendela new simple queque isilah datanya nama, target (ip address yang akan dilimit), limit download dan limit download kemudian simpan seperti gambar di bawah ini

4. Setelah membuat simple queque tersebut maka user dengan ip 192.168.1.25 dibatasi limit download dan uploadnya sebesar 1Mb. Jika user sudah mentok 1Mb maka di list queque, queque yang baru dibuat tersebut akan berwarna merah yang artinya user dengan ip tersebut terkena simple queque.


Dengan simple queque ini kita bisa mengatur user mana saja yang bisa bebas download dan user mana yang bisa kita batasi speednya tergantung kepentingan yang bermanfaat.

Demikian tutorial membuat simple queque di mikrotik semoga tips ini berguna buat yang lagi belajar membuat mikrotik.


0 Response to "Simple Queue - Cara Cepat Limit Bandwith Internet di Mikrotik"

Posting Komentar